Ketua Dewan Pers Diundang Hadiri Diseminasi Hasil Pengembangan SPMI Se-Toraja Utara

INDONESIASATU.CO.ID:

TORAJA UTARA - Dinas Pendidikan Toraja Utara belum lama ini menggelar acara  Diseminasi Hasil Pengembangan SPMI Tingkat Kabupaten Toraja Utara Tahun Anggaran 2018. Acara yang berlangsung di SMP Negeri 2 Rantepao, tepatnya pada Rabu, 14 Nopember 2018, dihadiri sejumlah peserta.

Diantaranya, para Kepala Sekolah SD dan SMP, Pengawas SD, SMP dan SMA/SMK, Fasilitator Daerah terkait pendidikan, Pejabat Struktural dan Fungsional lingkup Dinas Pendidikan Torut, Ketua Dewan Pendidikan, Ketua PGRI, Kepala Bappeda, Kepala BKPP dan Sekretaris Dinas Pendidikan Torut, Leksi SE, selaku Penanggungjawab kegiatan. 

Dihadiri Kadis Pendidikan Dra Hetty Maria G Dalopis, MSi dan Ketua Komisi I DPRD Torut Paulus Tangke, S.PAK, M.Pd. Keduanya tampil sebagai narasumber. Menariknya, dari peserta terdapat Ketua Dewan Pers dalam deretan undangan. 

Awak media ini langsung mengkonfirmasi kepada Ketua Panitia yang juga Kabid Pembinaan SMP, Fransiskus Danga, S.Pd, tentang ketua dewan pers dimaksud.

Pasalnya, Dewan Pers apalagi ketuanya, hanya berkedudukan di pusat (Jakarta), tidak ada di daerah. Lagi pula, kehadiran Dewan Pers untuk sebuah kegiatan seperti dimaksud dinilai tidak relevan.

“Saya kurang tahu juga mungkin yang dari provinsi dimaksud,” ujar Frans ketika dicecar pertanyaan di sela kegiatan. Karena didesak, Frans akhirnya terbuka. “Mungkin Pak John itu dimaksud,” kilahnya. 

Untuk diketahui, John sendiri sehari-harinya dikenal sebagai wartawan sebuah media lokal di Torut. Pelibatan Dewan Pers dalam kasus acara Diseminasi ini dinilai salah kaprah dan seharusnya tidak boleh terjadi.

“Apalagi ternyata bukan ketua dewan pers yang sesungguhnya, tapi oknum wartawan sebuah media lokal. Dewan Pers berada pada tataran appraisal atau wasit terhadap media, bukan wadah asosiasi pers,” tegas Salmon SP, aktivis LP3KN (Lembaga Pemantau Pembangunan dan Pengelolaan Keuangan Negara), ketika dimintai tanggapannya, Jumat petang ini (16/11).(***)

Editor : Udn

 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita