Material Longsor Tutupi Akses Jalan, Aktivitas Warga Lembang Talimbangan Terganggu

INDONESIASATU.CO.ID:

TORAJA UTARA - Bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun Limbong Padang Lembang Talimbangan Kecamatan Buntu Pepasan Kabupaten Toraja Utara, Jumat (21/7/ 2018) pagi. Membuat akses jalan penghubung antara Lembang Talimbangan dan Lembang Pulu- Pulu dan Ranteuma terputus.

Terjadinya longsor akibat kondisi Tanah yang sudah tandus dan hanya ditumbuhi rerumputan dan juga disebabkan oleh derasnya hujan secara terus menerus. Menurut Yunus Tangke salah satu warga Lembang Talimbangan, longsor terjadi sekitar pukul 06.00 WITA pagi , dan terjadi longsor susulan yang memutus jalan Lembang pada pukul 07:00 WITA yang disertai hujan gerimis.

“Warga sempat lewat sebelum longsor, saya dari Sungai untuk ambil Air dan melihat material sudah menutupi jalan dari atas” ucap Yunus Tangke warga yang bermukim di sekitar tempat kejadian.

Diungkapkan Yunus," Saya sudah berkordinasi pihak BPBD dan pihak BPBD akan membantu dan alat berat yang berada dilokasi tersebut secepatnya akan membersihkan material longsor yang menutupi jalan setinggi 40 meter, lebar 10 meter dan panjang 50 meter", terangnya.

Selain itu, juga dibantu warga sekitar untuk membuat akses jalan agar aktivitas warga bisa kembali lancar melewati jalan tersebut", unkap Yunus saat ditemui IndonesiaSatu.co.id di kediamannya, Kamis (12/7/2018).

Kepala Lembang Talimbangan Yunus Misi mengatakan “Pengerjaan akses jalan longsoran ini akan dipercepat mengingat banyak aktifitas warga yang akan melalui jalan ini, Kalau tuhan berkati saya akan mendampingi sepanjang pengerjaan jalan ini ” terang Yunus Misi.

Penulis:Gerson

Editor   :Erlinuddin

Index Berita